Contoh Soal dan Pembahasan Bab Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah – Sejarah SMA 1

Waktu Baca : 2 menit

Kalian pasti pernah dengar bangunan seperti Lawang Sewu, Kota Tua, Galangan Kapal VOC, dll. Yup, itu semua merupakan bangunan bersejarah yang ada di Indonesia. Banyak cerita bersejarah tersimpan didalamnya. Dari bangunan itulah kita belajar mengenai sejarah. Jadi, tahukah kalian apa yang di maksud dengan sejarah? Agar kalian lebih paham simak pembahsan berikut ini!

#Soal 1
Sebutkan apa saja fungsi adanya sejarah dan tujuan belajar mengenai sejarah!
Pembahasan : berikut adalah beberapa tujuan belajar mengenai sejarah ;
Kesalahan yang terjadi di masa lampau tidak akan diulangi lagi, Memetik pelajaran dari kejadian di masa lampau Memahami peristiwa di masa lampau, Menumbuhkan sikap kritis, skeptis, dan kemampuan berpikir logis, Lebih menghargai waktu yang saat ini sedang dimiliki.

Fungsi dari adanya sejarah anatara lain ;
Fungsi edukasi, Edukasi atau pembelajaran sangat membutuhkan sejarah sebagai bahan ilmu pengetahuan
Fungsi instruktif, Maksud dari fungsi sejarah sebagai fungsi instruktif adalah bahwa sejarah menjadi ilmu pengetahuan yang bisa dijadikan sebagai sebuah landasan teori
Fungsi Inspirasi, dengan mengingat kegemilangan dan kesuksesan sesuatu melalui sejarah, akan membuat setiap orang tergugah untuk mencapai hal-hal yang sama baiknya, bahkan lebih dari pencapaian yang telah ditorehkan oleh sejarah. Misal inspirasi dalam bidang kuliner, kebudayaan, maupun lainnya.
Fungsi rekreasi, tempat bersejarah yang dijadikan sebagai objek wisata. Bangunan-bangunan kuno kini justru banyak dikunjungi oleh orang-orang untuk berwisata. Museum juga menjadi tempat penyimpanan sejarah zaman lalu yang banyak dikunjungi oleh wisatawan

#Soal 2
Jelaskan apa yang dimaksud dengan sejarah!
Pembahasan : Secara umum, pengertian dari sejarah adalah seluruh peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu.

#Soal 3
Sebutkan apa saja Jenis dari bidang ilmu yang terdapat pada sejarah!
Pembahasan :
Jenis dari bidang ilmu yang terdapat pada sejarah, antara lain sebagai berikut ini : Epigrafi, Arkeologi, Ikonografi, Antropologi, Paleontologi, Sosiologi, Nomismatik, Fisiologi.

#Soal 4
Apa yang dimaksud dengan kontinuitas dan kausalitas?
Pembahasan:
Kontinuitas dan kausalitas merupakan sifat sejarah. Sejarah merupakan sebuah kausalitas (sebab akibat) dan kontinuitas (kesinambungan). Setiap peristiwa yang terjadi pasti ada yang melatarbelakangi atau menyebabkan. Peristiwaperistiwa sejarah akan terus berlangsung tanpa pernah berhenti.

#Soal 5
Mengapa sejarah dapat juga dikatakan sebagai seni?
Pembahasan:
Sejarah dikatakan sebagai seni karena untuk menulis sejarah dibutuhkan intuisi, imajinasi, emosi, dan gaya bahasa. Empat komponen tersebut sangat penting dalam menentukan kualitas tulisan sejarah.

Sekarang paham bukan? Demikian pembahasan mengenai ilmu sejarah semoga dapat membantu kalian :). Jangan lupa stay tune terus untuk pembahsan yang lainnya:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *