Soal dan Pembahasan Bab Pola Persebaran serta Interaksi Spasial Desa dan Kota – Geografi SMA 3

Waktu Baca : 2 menit

Hayooo, siapa yang dari kalian pernah mudik??? Apalagi yang bekerja, kuliah atau tinggal di perkotaan pasti semuanya pernah yang mengalami namanya mudik ^^. Mudik biasa dilakukan ketika masa liburan lama sekolah/kerja tiba ataupun saat hari Raya Idul Fitri. Banyak dari mereka pulang ke kampungnya atau daerah asalnya masing-masing. Tapi tahukah kalian perbedaan tempatmu tinggal (kota) dengan daerah asalmu (Desa)? Berikut ini merupakan Soal dan Pembahasan Bab Pola Persebaran serta Interaksi Spasial Desa dan Kota. Yuk check it out!

#Soal 1
Jelaskan yang dimaksud dengan desa!
Pembahasan : desa adalah suatu perwujudan geografi yang ditimbulkan oleh unsur-unsur fisiografis, sosial, ekonomis, politik, dan budaya di suatu wilayah dalam hubungan dengan pengaruh timbal balik dengan daerah-daerah lain.

#Soal 2
Sebut dan jelaskan klasifikasi desa berdasarkan permen no 12 Tahun 2007!
Pembahasan : berdasarkan permen no 12 Tahun 2007, klasifikasi desa dibagi menjadi 3, yaitu desa swadaya, desa swakarya, dan desa swasembada. Penjelasan ketiga desa tersebut adalah:
Desa swadaya , Merupakan desa yang lebih maju daripada desa tradisional, walapun masih terikat dengan adat istiadat yang berlaku.
Desa swakarya, desa yang sudah bisa memenuhi kebutuhannya sendiri,kelebihan produksi sudah mulai dijual kedaerah- daerah lainnya. Ciri – cirinya adanya perubahan terhadap adat istiadat, mata pencahariaan mulai beragam, lapangan kerja dan produktivitas di desa bertambah, lembaga pemerintah mulai berfungsi.
Desa swasembada, Desa yang mampu mengembangkan potensi-potensi sumber daya secara optimal dengan tingkat pendidikan relatif tinggi dan mata pencaharian di sektor jasa dan perdagangan.

#Soal 3
Jelaskan klasifikasi kota menurut jumlah penduduk!
pembahasan : Menurut jumlah penduduk, kota dibedakan menjadi:
Kota kecamatan, kota yang memiliki jumlah penduduk kurang dari 20.000 jiwa
Kota kecil, kota yang memiliki jumlah penduduk 20.000 – 50.000 jiwa
Kota sedang, kota yang memiliki jumlah penduduk 50.000 jiwa – 100.000 jiwa
Kota besar, kota yang memiliki jumlah penduduk 100.000 – 1.000.000 jiwa
Kota metropolis, kota yang memiliki jumlah penduduk 1.000.000 – 5.000.000 jiwa
Kota megalopolis, kota yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 5.000.000 jiwa

#Soal 4
Jelaskan maksud dari desa berfungsi sebagai raw material!
Pembahasan : Dalam interaksi desa dan kota, desa berfungsi sebagai lumbung bahan mentah (raw material input) dan tenaga kerja (man power) ditinjau dari sisi potensi ekonomi.

#Soal 5
Sebutkan ciri – ciri masyarakat yang tinggal di perkotaan!
Pembahasan : Beberapa ciri masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan, antara lain bersifat individual, di mana kepentingan individu lebih menonjol daripada kepentingan umum; sistem pembagian kerja sangat jelas menurut keterampilan dan keahlian setiap individu; sangat menghargai waktu dan cara berpikir lebih ekonomis; lebih mengenal hukum negara; pelaksanaan upacara-upacara adat hanya berlaku di lingkungan terbatas; adanya heterogenitas sosial; hubungan sosial bersifat gesselscaft (patembayan); norma agama tidak begitu kuat.

Nah sekarang kalian mengerti dan paham bukan? Semoga dapat membantu kalian dalam memahami materi. 🙂 Ganbatte!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *