Soal dan Pembahasan Bab Pola Persebaran serta Interaksi Spasial Desa dan Kota – Geografi SMA 3

Waktu Baca : 2 menit

Hayooo, siapa yang dari kalian pernah mudik??? Apalagi yang bekerja, kuliah atau tinggal di perkotaan pasti semuanya pernah yang mengalami namanya mudik ^^. Mudik biasa dilakukan ketika masa liburan lama sekolah/kerja tiba ataupun saat hari Raya Idul Fitri. Banyak dari mereka pulang ke kampungnya atau daerah asalnya masing-masing. Tapi tahukah kalian perbedaan tempatmu tinggal (kota) dengan daerah asalmu (Desa)? Berikut ini merupakan Soal dan Pembahasan Bab Pola Persebaran serta Interaksi Spasial Desa dan Kota. Yuk check it out!

#Soal 1
Jelaskan yang dimaksud dengan desa!
Pembahasan : desa adalah suatu perwujudan geografi yang ditimbulkan oleh unsur-unsur fisiografis, sosial, ekonomis, politik, dan budaya di suatu wilayah dalam hubungan dengan pengaruh timbal balik dengan daerah-daerah lain.

#Soal 2
Sebut dan jelaskan klasifikasi desa berdasarkan permen no 12 Tahun 2007!
Pembahasan : berdasarkan permen no 12 Tahun 2007, klasifikasi desa dibagi menjadi 3, yaitu desa swadaya, desa swakarya, dan desa swasembada. Penjelasan ketiga desa tersebut adalah:
Desa swadaya , Merupakan desa yang lebih maju daripada desa tradisional, walapun masih terikat dengan adat istiadat yang berlaku.
Desa swakarya, desa yang sudah bisa memenuhi kebutuhannya sendiri,kelebihan produksi sudah mulai dijual kedaerah- daerah lainnya. Ciri – cirinya adanya perubahan terhadap adat istiadat, mata pencahariaan mulai beragam, lapangan kerja dan produktivitas di desa bertambah, lembaga pemerintah mulai berfungsi.
Desa swasembada, Desa yang mampu mengembangkan potensi-potensi sumber daya secara optimal dengan tingkat pendidikan relatif tinggi dan mata pencaharian di sektor jasa dan perdagangan.

#Soal 3
Jelaskan klasifikasi kota menurut jumlah penduduk!
pembahasan : Menurut jumlah penduduk, kota dibedakan menjadi:
Kota kecamatan, kota yang memiliki jumlah penduduk kurang dari 20.000 jiwa
Kota kecil, kota yang memiliki jumlah penduduk 20.000 – 50.000 jiwa
Kota sedang, kota yang memiliki jumlah penduduk 50.000 jiwa – 100.000 jiwa
Kota besar, kota yang memiliki jumlah penduduk 100.000 – 1.000.000 jiwa
Kota metropolis, kota yang memiliki jumlah penduduk 1.000.000 – 5.000.000 jiwa
Kota megalopolis, kota yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 5.000.000 jiwa

#Soal 4
Jelaskan maksud dari desa berfungsi sebagai raw material!
Pembahasan : Dalam interaksi desa dan kota, desa berfungsi sebagai lumbung bahan mentah (raw material input) dan tenaga kerja (man power) ditinjau dari sisi potensi ekonomi.

#Soal 5
Sebutkan ciri – ciri masyarakat yang tinggal di perkotaan!
Pembahasan : Beberapa ciri masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan, antara lain bersifat individual, di mana kepentingan individu lebih menonjol daripada kepentingan umum; sistem pembagian kerja sangat jelas menurut keterampilan dan keahlian setiap individu; sangat menghargai waktu dan cara berpikir lebih ekonomis; lebih mengenal hukum negara; pelaksanaan upacara-upacara adat hanya berlaku di lingkungan terbatas; adanya heterogenitas sosial; hubungan sosial bersifat gesselscaft (patembayan); norma agama tidak begitu kuat.

Nah sekarang kalian mengerti dan paham bukan? Semoga dapat membantu kalian dalam memahami materi. 🙂 Ganbatte!

Contoh Soal dan Pembahasan Bab Sosiologi Sebagai Ilmu Kemasyarakatan – Sosiologi SMA 1

Di dunia ini manusia tidak bisa hidup sendiri. Oleh sebab itu manusia disebut makhluk sosial. Kita membutuhkan orang lain untuk Read more

Soal dan Pembahasan Bab Klasifikasi Makhluk Hidup – Biologi SMA 1

#Soal 1 Kelompok - kelompok makhluk hidup dari yang banyak persamaannya dalam satu kelompok, sampai yang sedikit persamaannya. Tingkatan kelompok Read more

Soal dan Pembahasan Bab Vektor – Fisika SMA 1

Tahukah kalian jika sebuah objek memiliki arah dan nilai. Suatu objek yang memiliki arah, posisi dan besar/ nilai dinamakan vektor. Read more

Contoh Soal dan Pembahasan Bab Sistem Pemerintahan – Pkn SMA 3

Bagi yang selalu mengikuti tulisan ini pasti masih ingat dengan pembahasan bab perkembangan politik dan ekonomi di Indonesia di awal Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *